Minggu, 06 Mei 2012

Secangkir Kopi Yang Sehat


Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer dunia, banyak orang memulai pagi mereka dengan menikmati segelas kopi panas. Minuman yang pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9 ini pada awalnya membantu kaum sufi supaya tetap terjaga beribadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelayat yang kemudian disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

Terdapat tiga senyawa penting dalam kopi yang menawarkan beberapa manfaat yaitu kafein, caffeic dan asam chlorogenic. Senyawa-senyawa kopi ini dan hasil metabolisme mampu menghalangi pembentukan racun hIAPP (human islet amyloid polypeptide). Namun menurut para profesional dibidang kesehatan mengatakan bahwa tingginya kandungan kafein dalam kopi dapat berakibat buruk bagi anak-anak dan wanita hamil.  

Kandungan asam chlorogenic dalam kopi telah terbukti dapat mengatasi diabetes 2. Ilmuwan dari Universitas Duke Medical Center melaporkan bahwa minum kopi dapat merusak satu diabetik kemampuan metabolisme gula. Kopi juga baik bagi penderita Parkinson, suatu penyakit neurologis yang ditandai oleh otot-otot kaku, tremor-tremor, dan mengganggu mengendalikan pergerakan. Sebuah studi yang mengikuti kehidupan 8000 pria selama 27 tahun menemukan mereka yang minum secangkir kopi setiap hari kemungkinan kecil menderita Parkinson. Laki-laki yang tidak pernah mengonsumsi kopi lima kali lebih mungkin menderita Parkinson. Temuan-temuan ini lebih lanjut didukung oleh Health Study Nurse.

Kopi juga dapat mengatasi kanker, karena dapat me-riset produk-produk makanan yang dapat menyebabkan penyakit itu. World Cancer Research yang telah mengelompokan lebih dari 7000 studi tentang makanan-makanan dan minuman-minuman. Mereka menyimpulkan bahwa kopi tidak akan menyebabkan risiko kanker, karena kopi memiliki suatu efek pencegahannya, terutama terhadap kanker-kanker usus.

Kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan hidrasi. Studi yang dilakukan pada atlet-atlet telah membuktikan kafein meningkatkan kapasitas kerja otot-otot, khususnya untuk periode waktu yang panjang. Kopi juga sudah ditemukan aman untuk penggantian cairan-cairan tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar