Selasa, 01 Mei 2012

Air Putih Yang Menyehatkan


Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi, bagi manusia air tidak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Manusia  mungkin dapat bertahan jika kekurangan makan beberapa hari daripada kekurangan air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja  sebanyak 22 %, ini berarti bila kehilangan 7% kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Menurut para peneliti kandungan mineral dalam air sangat mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan kandungan mineral makanan. Mineral-mineral mutlak perlu untuk pertumbuhan optimum dan kesehatan bagian-bagian tubuh, khususnya ketika mineral-mineral seperti itu tidak dapat berhasil diproduksi oleh tubuh. Air putih juga tidak hanya mencegah kekurangan nutrisi dalam tubuh tetapi juga menolong dalam membuat sistem kekebalan lebih efisien, dengan mendobrak limbah dan membersihkan tubuh dari racun.

Ada beberapa mineral-mineral secara alami dalam air yang memberikan berbagai manfaat. Magnesium adalah senyawa yang baik untuk otot dan tulang-tulang. Klorida dan bantuan bicarbonates dalam pencernaan dapat menjaga dan mengatur keseimbangan asam dalam usus-usus dan perut. Natrium bermanfaat dalam menjaga keseimbangan air dan cairan-cairan dalam tubuh, sel-sel tubuh biasanya dimandikan dalam cairan berisi natrium. Sulfat dan silika untuk membersihkan tubuh serta mendukung tulang-tulang dan gigi. Zat besi membantu mendistribusikan oksigen dengan baik di seluruh tubuh serta mencegah anemia. Sedangkan Kalium diperlukan untuk energi harian dan meningkatkan respon imun.

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Air putih juga membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakankulit, penyakit saluran napas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

Air putih juga bersifat membunuh bakteri, jamur dan menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan merupakan satu cara yang tepat. Karena air tidak mengandung gula ataupun lemak sehingga pembakaran kalori akan berjalan efisien.

Kebutuhan air dalam tubuh berkisar antara 2 – 2,5 liter sehari. Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Jumlah air yang menurun dalam tubuh juga akan menurun fungsi organ tubuh. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat.

Artikel terkait

Reverse Osmosis Penyaringan Air Paling Efektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar