Selasa, 08 Mei 2012

Diet Bebas Gluten



Gluten (perekat) adalah satu protein tak berbentuk yang terdapat di beberapa jenis biji-bijian utuh seperti gandum dan jelai. Hampir 80% dari protein yang terdapat di gandum terdiri atas protein gliadin dan glutenin. Gluten yang banyak terdapat dalam tepung roti ini membuat adonan kenyal dan dapat mengembang karena bersifat kedap udara. Ada beberapa orang yang dipengaruhi oleh protein ini, mereka tidak dapat mengonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh merusak dinding usus halus, dan hanya dapat ditangani bila penderita tidak mengkomsumsi gluten.

Gluten yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) ternyata tidak terdapat dalam beras merah, jagung dan kedelai. Banyak manfaat yang didapatkan jika sobat sehat menginginkan suatu diet bebas gluten, seperti: mempercepat masa pemulihan serta mempertahankan fungsi dan gerakan usus, Studi-studi klinis menunjukkan orang-orang yang mengkonsumsi gluten cenderung akan memiliki bermacam-macam masalah pencernaan, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Diet bebas gluten juga dapat mengurangi beban sistemkekebalan tubuh, ketika asupan besi dalam tubuh terlalu tinggi, sistem kekebalan akan gagal untuk mengoperasikan di taraf optimum. Ini bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan bermacam-macam penyakit, cara-cara efektif untuk mengurangi jumlah zat besi adalah dengan mengubah diet sobat. Ini termasuk awal dan mempertahankan diet bebas gluten.

Peradangan Sistemik yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan juga dapat ditingkatkan dengan diet bebas gluten ini, banyak ahli-ahli kesehatan merekomendasikan bagi penderita peradangan sistemik untuk menyantap diet yang bebas zat-zat tertentu, termasuk Casein and Gluten.

Beberapa orang juga diuntungkan dari makanan-makanan yang tidak mengandung gluten dengan mengurangi berat badan. Namun demikian diet ini tidak dirancang bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Karena bagi orang yang sensitif terhadap gluten mungkin akan menambah berat badan saat mereka memulai diet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar