Minggu, 19 Februari 2012

Scoville Scale Pengukur Kepedasan Cabe

Scoville Scale (skala scoville) adalah takaran untuk mengukur ketajaman atau kepedasan sebuah cabe. Campuran kimia yang ditemui dalam cabe memberi rasa pedas-pedas masam ini disebut capsaicin (formula molekulnya (CH3)2CHCH=CH(CH2)4 CONHCH2C6H3 4(OH)-3-(OCH3) atau C18H27NO3) yang merangsang saraf kemoreseptor, terutama sekali dalam membran mukus. Jumlah Scoville Heat Units (SHU) dalam sebuah cabe atau saus pedas menunjukkan jumlah dari capsaicin.

Seorang ahli kimia Amerika Wilbur Scoville yang bekerja di Parke Davis Pharmaceutical Company pada tahun 1912, melakukan pengujian untuk mengetahui tingkat ke pedasan sebuah cabe. Cara yang dilakukannya dikenali sebagai Scoville Organoleptic Test.

Prinsip Scoville Organoleptic Test adalah ekstrak cabe dicairkan dalam sirup gula sehingga “rasa pedas”nya tidak terasa lagi. Derajat pencairan sebuah cabe ini dinilai di Scoville Scale. Gula-gula atau cabe manis akan mendapatkan nilai 0, ini menandakan tidak adalagi kandungan capsaicin sebagai pendeteksi rasa pedas, walaupun ia mentah. Pada percobaan lain cabe “bhut jolokias” mempunyai tingkat SHU rata-rata 1.000.000, ini menunjukkan ekstrak cabe ini perlu dicairkan sejuta kali supaya capsaicin tidak dapat dirasakan lagi.

Pada saat percobaan dilakukan pada manusia, Scoville Organoleptic Test menunjukkan hasil yang tidak tepat. Wilbur Scoville mencoba berbagai metode dan variasi-variasi lain untuk mengukur kepedasan cabe, tetapi yang dia dapati bacaannya tidak konsisten.

Data Scoville Scale tentang kepedasan sebuah cabe bisa anda lihat disini. Nilai Scoville Heat Units boleh jadi tidak tepat, ini disebabkan oleh beda variasi yang diperkirakan dalam satu spesies, yang disebabkan olen biji benih, iklim, cahaya matahari, kelembapan, dan tanah.

Dari Data Scoville Scale tersebut tenyata SHU cabe keriting hanya 2.500 – 5.000  dan SHU cabe rawit 50.000 – 100.000 sedangkan cabe yang paling pedas adalah jenis “Pure capsaicin" dan "Dihydrocapsaicin” dengan SHU 16.000.000 yang mengandung capsaicin hingga 90%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar