Minggu, 26 Februari 2012

Bambu Sebagai Simbol Kemakmuran


Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya, tanaman yang sederhana dan sangat berguna ini berkembang dengan cepat dalam berbagai jenis iklim dan lingkungan. Bambu yang banyak tumbuh di Amerika Tengah, Amerika Selatan, Afrika Selatan, India, Asia Timur, Jepang dan utara Australia ini secara menyeluruh mencakup 49 juta hektare permukaan dunia. Lebih dari satu juta orang tinggal di rumah bambu, dan ratusan ribu orang lainnya menjadikan bambu sebagai sumber pendapatan utama.

Bambu yang memiliki lebih dari 1.500 spesies ini, hanya kira-kira 40 saja yang digunakan secara komersial. Untuk pertumbuhannya bambu tidak banyak membutuhkan perawatan khusus, ia tidak memerlukan irigasi karena ia tumbuh dalam curah hujan alami, Ia tidak memerlukan pestisida kimia atau pupuk-pupuk tumbuhan karena ia secara alami dapat melawan hama-hama dalam keadaan alam yang berbeda. Bahkan setelah di panen bambu tidak perlu di tanami kembali seperti pohon-pohon lainnya karena ia bisa tumbuh sendiri dari bagian induknya.

Komponen struktural utama bambu adalah selulosa yang banyak dipakai untuk membuat kertas dan kain, bahkan ini bisa menjadi salah satu alternatif penggganti kapas. Lembut, hangat, dan tidak berbau adalah tiga keuntungan untuk menggambarkan bambu viskosa. Viskota adalah bambu derivatif dengan batang keras yang dapat diproduksi seratnya, tekstur lembutnya dapat menyerap air 3-4 kali lebih banyak dibandingkan kapas.

Bambu juga mengandung pottasium yang rendah kalori, rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik, tunasnya dapat dimasak dan daun-daunnya diproses sebagai suplemen yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Di Cina bambu banyak digunakan sebagai alat terapi untuk melepaskan ketegangan otot.

Bambu dengan harga yang relatif murah ini juga dapat digunakan untuk membuat lemari, perabot, karpet, peneduh, pagar, alat musik dan produk seni lainnya. Bahkan bambu juga dapat di manfaatkan untuk tujuan dekoratif, ia bisa terbentang sebagai bahan untuk lantai, bisa sebagai sekat-sekat dalam ruangan bahkan secara tak lansung dapat menambah penampilan alami rumah anda.

Sekelompok rumpun bambu ternyata juga dapat menghasilkan 35% oksigen lebih banyak jika di bandingkan pohon lain. Saat di panen akar-akar bambu akan tetap tinggal di dalam tanah sehingga ia dapat melindungi tanah dari erosi dan banyak mengandung nutrisi.

Mungkin karena kekal, kuat dan ribuan manfaat inilah kebanyakan negara-negara Asia juga menganggap bambu sebagai simbol untuk kemakmuran, kesuburan, seksualitas dan kemerdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar