Rabu, 21 Maret 2012

Berbagai Manfaat Pepaya


Pepaya yang berasal dari Mexico mempunyai nama ilmiah carica papaya sampai sekarang telah menyebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis. Buah pepaya matang memiliki penampilan kuning keemasan berwarna krem di luar, daging buah bewarna kuning jeruk dan memiliki banyak biji-biji berkilau hitam menyatu bersama dalam pusatnya. Studi Phytochemical mengungkapkan bahwa pepaya terdiri dari komponen-komponen utama seperti papain(protease), carpaine (alkaloid obat cacing), likopena, sinigrin, caricin (glikosida), vitamin A dan vitamin C.

Buah pepaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti infeksi jamur, menguliti luka-luka, kolesterol, sakit gigi, tekanan darah rendah, kanker-kanker, nephro-toxicities, demam dengue, malaria dan penyakit kulit bahkan pepaya sangat bermanfaat sebagai pelancar saluran pencernaan.

Buahnya yang manis dan halus bukan saja lezat tetapi kaya akan antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid. Pepaya juga merupakan sumber vitamin B khususnya asam folik dan asam pantothenic. Juga mengandung serat dan mineral-mineral seperti kalium dan magnesium. Selain itu buah papaya juga dapat membantu melindungi anda dari penyakit jantung. Vitamin C and E adalah antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol.

Daun papaya dapat digunakan untuk mengobati ruam-ruam, sengatan-sengatan, luka-luka bakar dan sebagai alat pencegah kehamilan dan aborsi disebabkan oleh kemampuannya menyebabkan kontraksi rahim. Telah banyak penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya juga memiliki beberapa efek anti- proliferatif terhadap sel-sel kanker, selain nephro-protectivenya dan efek-efek antibakteri

Biji buah papaya selain sebagai bibit juga banyak digunakan dalam budaya masyarakat Asia sebagai pencegah kehamilan yang tak dikehendaki. hasil tes laboratorium pada monyet telah menunjukkan bahwa biji pepaya dapat menghambat keluarnya air mani secara tiba-tiba, sehingga dapat digunakan sebagai alat kontrasepsi bagi laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar