Selasa, 28 Februari 2012

Lidah Buaya Tumbuhan Pelindung Kulit


 Lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) adalah sebangsa tanaman lilly yang berasal dari Afrika Utara. Lebih dari 500 spesies lidah buaya telah dilaporkan, sebagian besar berasal dari daerah kering Asia, Afrika, Amerika and Eropa. Tinggi lidah buaya dewasa bisa mencapai 1 m, daunnya tebal dan gemuk dengan warna hijau. Lidah buaya mengandung gel dengan susunan substansi kimia bioaktif, yang berperanan penting terhadap proses penyembuhan.

Gel lidah buaya dilindungi oleh 3 lapisan kulit. Pertama lapisan keras yang terdiri dari lima belas sel tebal, selanjutnya getahnya yang banyak mengandung anthraquinones, dan lapisan Mucilage yang melindungi gel bagian dalam. Gel ini tanpa warna, hambar dan tidak berbau, sehinga cukup aman untuk dioksida asam belerang, yang juga telah banyak digunakan dalam pemeliharaan makanan.

Gel yang terdapat dalam lidah buaya ini banyak mengandung Vitamin-vitamin (vitamin A, B-komplek, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan asam folik), Mineral-mineral (kapur, natrium, besi, kromium, magnesium, mangan, tembaga dan seng), Amino Acids & Enzymes. Lidah buaya juga cepat menyeimbangkan pH kulit, sehingga dapat melembabkan dan menyembuhkan kulit dengan cepat. Selain itu kandungan karbohidratnya berupa mukopolisakarida juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak.

Lidah buaya juga meningkatkan kegiatan Fibroblas. Fibroblas adalah sel-sel spesifik yang ditemukan di dalam kulit untuk menghasilkan serat seperti Collagen & Elastin. Serat-serat ini berfungsi untuk menyusun dan membuat kulit tampak gemuk dan fleksibel, karena serat ini membantu pori-pori kulit membuka untuk menerima embun dan nutrisi. Lidah buaya juga termasuk tanaman yang mengandung Antiokidan cukup tinggi ,yang dapat melawan radikal bebas yang dipicu oleh cahaya matahari dan sinar ultraviolet. 

Tanaman lidah buaya juga telah dibuktikan dapat membantu menghentikan jerawat dan menyembuhkan bekas jerawat di wajah karena mengandungan enzim-enzim yang mempunyai sifat anti peradangan, anti inflamasi, antibakteri dan sangat menenangkan untuk kulit, sehingga banyak perusahaan kosmetik menggunakan getah dari tanaman Lidah buaya untuk krim penahan sinar matahari, sabun, shampo, pelembap dan lotion. Lidah buaya juga bisa dicairkan dan di minum untuk mengatasi Asma dan Arthritis. Bahkan jus lidah buaya juga sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan seks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar