Jumat, 17 Februari 2012

Khasiat Buah Nangka Yang Harus Diketahui

Sobat sehat ingin mencari minuman yang sehat dan unik? mungkin jus nangka bisa jadi salah satu pilihan. Nangka yang kabarnya berasal dari India dengan nama kathal ini termasuk salah satu buah yang besar, diameternya bisa mencapai 500 mm dengan berat hingga 30 kg.

Mungkin pada saat pertama mencoba buah ini kita akan merasakan bau dan rasa yang tidak enak, tapi jika buah nangka ini benar-benar telah matang, kita akan menemukan dagingnya bewarna kuning dengan aroma yang bisa di bandingkan dengan durian. Hanya 30% dari buah nangka yang bisa dimakan, sisanya terdiri dari kulit, tulang belakang dan getah.

Buah nangka yang banyak mengandung vitamin dan mineral ini biasanya di hidangkan untuk pencuci mulut, sup, minuman dan es krim. Dan terkadang buah nangka yang masih muda biasanya digunakan untuk hidangan utama. Biji nangka tidak dapat dimakan mentah kecuali dibakar atau dimasak untuk hidangan lain.

Nangka bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker karena mengandung isoflavones, antioksidan dan phytonutrien. Nangka juga kaya akan serat sehingga baik untuk diet. Sedangkah getahnya mempuyai sifat anti-api yang dapat digunakan sebagai obat bisul dan luka bakar. Cairan rebusan kulit kayu nangka dapat digunakan untuk pengobatan penyakit diare dan disentri, sedangkan daunnya dapat mengurangi akibat dari racun.

Mengkonsumsi buah nangka disinyalir juga dapat meningkatkan mutu air mani, bahkan ramuan kuno cina telah menggunakan biji nangka yang di panggang sebagai perangsang nafsu birahi. Tentu ini baik untuk pasien yang menderita penyakit rendah libido dan kelainan fungsi ereksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar