Rabu, 15 Februari 2012

Minyak Pohon Teh

Pohon Teh (Melaleuca alternifolia) merupakan pohon endemik di Australia Barat. Pohon Teh ini tidak sama dengan Teh yang biasa di olah untuk minuman. Minyak pohon teh secara normal bewarna ke kuning-kuningan yang diperoleh dari menyuling daunnya.

Minyak pohon teh telah di pakai berabad-abad sebagai pengobatan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti mengobati luka, anti septik, perawatan kulit, sebagai obat pernafasan dan dengan hanya menghirup aroma minyak pohon teh dapat mengurangi gejala batuk.

Untuk pertanian minyak pohon teh merupakan pembasmi serangga yang ampuh, minyak ini bisa membunuh serangga tanpa merusak produk pertanian. Untuk pertanian organik minyak ini akan lebih baik digunakan sebagai pestisida dan pembunuh serangga. Dalam kehidupan sehari-hari pun minyak pohon teh juga dapat digunakan sebagai pembasmi nyamuk.

Selain keuntungannya pemakaian minyak pohon teh ini juga memiliki efek samping ketika di konsumsi seperti mengantuk, ruam, dan mual. Karena akibat inilah hanya 1% saja minyak pohon teh yang di izinkan dalam produk komersil.

Sara Greay, dari University of Western Australia yang telah melakukan penelitiannya selama 3 tahun bersama Irlandia Demelza terhadap tumor kulit pada tikus, mendapatkan hasil yang memuaskan. Tumor tersebut bisa berkurang dalam 1 hari setelah di olesi minyak pohon teh, bahkan dalam 3 hari tumor tersebut tidak terlihat lagi.

Sara Greay menyatakan bahwa ingin melanjutkan penelitiannya ini dengan menguji anti kanker menggunakan minyak pohon teh yang  melibatkan aktivasi dari sistem kebal.


1 komentar: