Senin, 20 Februari 2012

Strawberri Sang Ratu Buah

Strawberri atau buah yang biasa disebut arbei ini sangat banyak mengandung unsur hara dan sering digunakan pada ramuan hidangan seperti slad, roti dan kue. Selain itu kecerahan karesteristik buah ini juga di manfaatkan sebagai bahan dekorasi membuat tampilan hidangan agar lebih menarik.

Strawberri yang aslinya berukuran kecil, lebih kecil dari yang biasa kita jumpai dipasaran sekarang. Berkat kawin silang yang dilakukan oleh para ahli, sekarang telah dihasilkan strawberri yang lebih besar, seperti strawberri Cili.

Strawberri banyak mengandung manfaat seperti vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dari strawberri seperti vitamin B6 dan vitamin C. Sedangkan mineral yang ditemukan pada buah ini adalah serat, kalium, folate, flavonoid dan berbagai antioksidan. Strawberri juga rendah kalori, aman di konsumsi oleh mereka yang gemuk dan bahkan strawberri dapat menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin strawberri dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalium yang terkandung dalam strawberri berdasarkan penelitian dapat menurunkan tekanan darah yang akhirnya bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Sedangkan kandungan seratnya dapat mengurangi hipertensi dan sembelit pada tubuh.

Antioksidan dapat  mencegah oksidasi dari kolesterol buruk yang menyebabkan  kegemukan pada arteri, bahkan antioksidan juga dapat melindungi tubah dari kanker karena strawberri dapat menyebabkan kerusakan karsinogen, sedangkan karsinogen tersebut merupakan agen utama penyakit kanker. Flavonoids pada buah strawberri dapat mengurangi stroke.

Mungkin karena banyaknya manfaat yang terkandung dari strawberri ini banyak orang menyebutnya sebagai ratu buah. Bahkan rasa manis buah strawberri juga dapat digunakan sebagai pemanis hidangan, dan yang paling penting strawberri juga dapat membersihkan sistem tubuh dari racun yang terakumulasi karena kelebihan alkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar