Rabu, 29 Februari 2012

Panu, Kudis Dan Kurap Pada Kulit


Panu (Pityriasis versicolor) adalah infeksi kulit jangka panjang yang tidak menular, disebabkan oleh jamur furfur Malassezia spesies yang disebut juga Pityrosporum orbiculare, terdapat berupa potongan-potongan kecil di dada, punggung atau di lengan, agak gatal dan muncul dalam beraneka warna seperti kecoklatan, merah jambu dan agak pucat jika dibandingkan dengan kulit disekitarnya. Pityriasis versicolor bisa diamati dalam kondisi lembab dan panas, sehingga orang yang berkeringat banyak lebih cepat terjangkit penyakit ini.

Kudis (Scabies) adalah salah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau yang hidup di bawah permukaan epidermis kulit, tungau ini dikenal sebagai Sarcoptes scabiei yang berbentuk bulat dengan 8 kaki pendek, pipih dan berukuran kira-kira (300–600 μ) x (250-400 μ). Jika kondisi ini terjadi pada manusia, biasanya di kenali sebagai "koreng". Infeksi kulit ini di tandai oleh liang-liang dangkal dan gatal-gatal yang sering terdapat antar jari-jari kaki, pantat, siku pinggang dan daerah genital perempuan.

Kurap (Tinea) adalah penyakit penular yang terjadi di kulit luar, disebabkan oleh satu jamur mikroorganisme parasitik yaitu Dermatophytes. Dermatophytes bersarang di permukaan kulit yang biasanya memengaruhi kulit, kulit kepala, jari-jari, kuku dan kaki. Kurap tampak di kulit seperti erupsi bundar merah. Penyebab utamanya adalah kontak langsung dengan orang atau binatang lain yang terinfeksi.

Untuk pengobatan dapat menggunakan krim-krim atau pil-pil yang mengandung clotrimazol, terbinafine, atau miconazole, tetapi penggunaan jangka panjang bahan ini dapat merusak hati. Munkin mengkonsumsi dedaunan mentah dan makanan anti jamur akan lebih baik seperti teh-teh probiotik, minuman lacto fermentasi dan makanan yang membantu membatasi jamur dalam tubuh seperti, Kombucha, Kifer, kelapa mentah, dan beberapa jenis sayur-sayuran. Selain itu penggunaan antibiotik juga dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan minyak pohon teh asal Australia juga dapat membunuh tungau dan menenangkan kulit pada waktu yang sama.

Untuk perawatan kulit supaya terhindar dari panu, kudis dan kurap sebaiknya menggunakan sabun dengan kandungan seng dan sulfur akan sangat efektif menjaga permukaan kulit dari jamur. Serta menjaga kebersihan pakaian, selimut dan handuk. Untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal bisa menggunakan bahan alami yang banyak mengandung jojoba, Organic Beeswax dan Essential Oils. Selain itu penggunaan bahan yang mengandung mineral aktif juga dapat memelihara kulit dan merangsang perpanjangan sel untuk pemulihan yang lebih cepat. Selain itu menjauhi anjing dan kucing akan lebih baik, karena hewan ini juga merupakan penyebar penyakit kulit yang sering tidak kita sadari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar