Minggu, 15 April 2012

Jus Mentimun Yang Kaya Manfaat


Sobat sehat suka minum jus mentimun? Menurut penelitian jus mentimun sangat bermanfaat dalam mengurangi berbagai masalah kesehatan. Mentimun yang hidup setengah merambat dan merupakan tanaman semusim ini banyak mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, kapur, seng, natrium, silika, magnesium dan besi. Karena muatan gizi dan mineral tersebut mentimun menjadi salah satu pilihan tepat untuk diet dan terapi-terapi kecantikan.

 Mentimun membantu dalam proses pengeluaran urin dan bertindak sebagai diuretik alami yang baik untuk ginjal, kandung kemih, hati dan penyakit-penyakit pankreas. Mentimun juga baik untuk pencernaan khususnya protein-protein, pengendali tekanan darah dan juga baik untuk mengontrol diabetes. Campuran mentimun dengan jus wortel dapat mengatasi rematik yang disebabkan oleh naiknya konsentrasi asam urat dalam tubuh, selain baik untuk pertumbuhan rambut.

Mentimun yang mengandung sekitar 90% air dapat bekerja seperti bahan pendingin. Air dalam daging mentimun dapat menjadi pengompres untuk mengurangi bengkak pada kulit dan mata, memberi kilauan alami dan mengurangi kerut-kerut padakulit, molekul air dari mentimun juga cepat menghidupkan kembali kulit kering yang rusak. Dengan menerapkan mentimun untuk 2-3 hari berturut-turut bisa membuat perbedaan yang nyata dalam kulit, kulit akan merasa terhidrasi, tetap bersih dan bebas dari minyak-minyak.

Kandungan silika dalam mentimun bermanfaat untuk tendon-tendon lebih sehat, ligamen, otot-otot dan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah rematoid. Mentimun juga mengandung tingkat basa cukup tinggi yang dapat membantu penderita semua bentuk kanker, karena kanker tidak bisa bertahan lama dalam lingkungan basa yang tinggi.

Mentimun yang sangat rendah dalam kalori dan tinggi kalium juga digunakan untuk mencegah penyakit-penyakit mulut secara keseluruhan seperti penyakit gusi dan gigi. Selain luar biasa untuk mengatasi sakit pada tenggorokan dan membantu menurunkan jumlah peradangan. Mentimun juga baik untuk sobat yang terlibat dalam latihan-latihan berat untuk menghindari dehidrasi karena mentimun memiliki elektrolit yang dapat mengembalikan stamina.

1 komentar: