Jumat, 13 April 2012

Kenapa Merokok Dapat Merusak Jantung?


Ahli-ahli jantung mengatakan bahwa asap rokok memiliki efek buruk bagi peredaran darah, yang merupakan satu bentuk ancaman terbesar untuk hati manusia. Nikotin dan zat-zat beracun lainnya yang terkandung dalam asap rokok akan masuk dalam aliran darah dan menghalangi transfer oksigen untuk semua organ-organ vital. Untuk memulihkan pasukan oksigen tersebut, otak memerintahkan hati untuk bekerja lebih keras yang akan menaikkan denyat jantung. Jika detak jantung tetap tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan arteri-arteri.

Nikotin juga bertindakan sebagai vasokonstriktor, yang berarti bahwa ia hanya menarik pembuluh-pembuluh darah dan arteri-arteri, dengan demikian menghalangi arus darah di dalam tubuh. Setelah menghirup asap rokok, hati dan pembuluh-pembuluh darah memiliki beberapa reaksi-reaksi dekat. Satu menit pertama setelah merokok akan menyebabkan kenaikan dalam detak jantung, dan dapat meningkat sampai 30% dalam sepuluh menit berikutnya. 

Menurut sebuah studi seorang perokok berpeluang mendapatkan serangan jantung dua atau tiga kali. Jika memiliki tekanan darah tinggi atau tingkat kadar-kadar kolesterol, kemungkinan kenaikannya bahkan dapat lebih jauh. Sekitar 80% dari serangan-serangan jantung yang terjadi pada pria dalam usia 45 terjadi pada orang-orang yang merokok.

Asap rokok juga memengaruhi paru-paru, tidak hanya terbatas kepada kanker paru-paru, namun asap rokok juga memainkan satu peran yang sangat besar dalam penyakit paru-paru lainnya seperti bronkitis kronis. Penyakit paru-paru akan membuat napas terasa kurang, sedangkan bronkitis kronis akan menjadi masalah bagi paru-paru untuk menyerap oksigen, juga menghasilkan produksi lendir yang terlalu banyak.

Ada baiknya bagi sobat sehat yang perokok, berusahalah untuk berhenti merokok. Jika berhenti merokok fungsi hati akan bekerja lebih efisien, frekuensi denyut jantung akan berkurang dan akan terus membaik hari demi hari. Selain itu paru-paru akan mampu menyediakan lebih banyak oksigen dengan demikian akan mengurangi pasokan oksigen dari hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar