Kamis, 22 Maret 2012

Penyakit Asma


Asma merupakan suatu penyakit yang di tandai dengan penyempitan saluran nafas yang hilang timbul. Asma bisa menjadi radang paru-paru jangka panjang yang melemahkan dan menyingkatkan lorong-lorong udara. Asma juga menyebabkan pasien menghasilkan suara siulan kapan saja mereka bernapas. Para korban asma juga merasakan nyeri dada, problem-problem pernapasan dan batuk reguler yang biasanya terjadi pada malam atau pada saat bangun di pagi hari. Asma bisa menyerang siapapun, tetapi statistik menunjukkan asma biasanya dimulai pada masa kanak-kanak.

Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab utama penyakit asma. Ahli pengobatan mengatakan bahwa asma adalah kepemimpinan oleh beberapa faktor genetika dan beberapa lagi dipengaruhi oleh faktor lingkungan, reaksi alergi seseorang yang mungkin telah diwariskan, mengalami peradangan paru-paru pada masa kanak-kanak atau mengalami radang virus pada saat sistem kekebalan tubuh masih dalam tahap pertumbuhan.

Faktor lingkungan dan gaya hidup merupakan yang sangat berpengaruh bagi seorang berpenyakit asma, karena asma dapat menurunkan ketahanan tubuh dan menyebabkan kerusakan tubuh yang lebih parah. Memang sukar merubah gaya hidup seseorang, tetapi jika berusaha untuk membuang asma, Sobat sehat harus memilih gaya hidup yang akan membantu mengurangi kondisi tubuh dan tidak membuatnya lebih buruk. Jika seseorang tidak tahu bagaimana cara yang tepat menangani asma, kehidupan mungkin sulit untuknya dan terburuk dia mungkin tidak dapat bertahan hidup.

Penyakit asma tidak memerlukan perlakuan khusus, walaupun dapat dianggap sebagai penyakit pernapasan, namun penyakit ini dapat dikendalikan dengan diet yang benar dan kebiasaan hidup sehat. Selain itu para penderita asma juga harus ekstra hati-hati pada saat musim dingin, karena dengan keadaan cuaca yang dingin dapat memicu penyakit asma. Namun banyak para ahli mengatakan bahwa jika ingin tahu bagaimana memperlakukan asma, Sobat sehat perlu mengingat empat faktor yaitu lingkungan, diet, pernapasan dan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar