Kamis, 01 Maret 2012

Alang-alang Yang Juga Bermanfaat


Alang-alang (imperata cylindrical) adalah tanaman asli asia yang dapat tumbuh pada daerah tropis lembab, beriklim sedang bahkan sampai di daerah kering sekalipun. Alang-alang adalah salah satu dari sepuluh rumput liar yang paling buruk di dunia. Tanaman ini secara genetik mempunyai sifat penyesuaian yang hebat terhadap lingkungan, yang menyebabkan keprihatinan ekologi dan konservasi karena dapat menyaingi pertumbuhan tanaman utama.

Alang-alang yang bisa tumbuh sangat cepat dengan penyebaran benih yang di bantu oleh angin. Akarnya bisa menembus 1 meter kedalam tanah, daunnya mempunyai mata pisau yang panjang bahkan sampai 1,5 meter pada kondisi tanah lembab dan subur dengan titik tajam yang ciut dan agak gatal.


Penggunaan herbisida sering di pakai untuk membasmi Alang-alang yang banyak tumbuh di area pertanian, hutan alami, perkebunan, padang rumput, zona tepi sungai, bahkan sampai ke wilayah perkotaan ini, namun penggunaan herbisida juga dapat menyebabkan tanaman di sekitarnya pun juga ikut mati. Untuk menghindari supaya alang-alang tidak tumbuh sebaiknya menanami lahan dengan jenis-jenis pohon yang ulet, cepat tumbuh, dan mempunyai tajuk yang relatif rapat.
Secara umum, alang-alang digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuhnya, terutama jangkauan akarnya yang kuat, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan.

Daun alang-alang yang dikeringkan digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya, selain itu juga digunakan sebagai penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan gulma untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya juga digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi kasur atau bantal.

Dari penelitian farmakologi Cina menyebutkan alang-alang ini memiliki satu sifat manis dan dingin, banyak mengandung elemen kimiawi seperti manitol, glukosa, sakharosa, asam sitrat, dan femenol cylindrin, coixol, anemonin, resin-resin dan banyak elemen basa terdapat di daun, bunga dan akar-akarnya. Alang-alang juga mengandung campuran aktif seperti anti-piretic dan diuretik sebagai penurun panas, hemostatik untuk menghentikan pendarahan dan meringankan kehausan. Berdasarkan resep tradisional Alang-alang juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti mimisan, muntah darah, hepatitis akut dan peradangan ginjal akut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar