Sabtu, 10 Maret 2012

Ginseng Panax


Ginseng berasal dari dua kata China yaitu “orang” dan “akar” yang biasanya di dapati berbentuk seperti tubuh manusia. Ginseng telah berabad-abad ditanam sebagai pencegah penyakit, obat peransang dan analgesik.

Ginseng juga sering di konsumsi untuk meringankan meriang dan flu, selain dikenal untuk melawan bakteri serta menambah tenaga dan menurunkan kolesterol. Ginseng juga efektif untuk mengobati gangguan-gangguan ginjal dengan membebaskan diri dari racun-racun dan bahan pencemar. Ginseng juga dapat meningkatkan birahi serta menyembuhkan disfungsi erektil, menurunkan gula darah dan kadar-kadar kolesterol serta mengatur siklus menstruasi. Perempuan hamil juga dapat mengkonsumsi ginseng untuk meringankan rasa sakit persalinan.

Ginseng Panax adalah salah satu suplemen yang paling bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit berbeda. Ginseng jenis ini dapat membantu mengembangkan satu sistem kekebalan sehat. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ginseng panax membuat orang-orang lebih mampu menghadapi tekanan jasmaniah dan emosional.

Terdapat beberpa jenis ginseng Panax, seperti ginseng orang Amerika (panax quinquefolium), ginseng Cina (panax ginseng notoginseng), dan ginseng Jepang (panax ginseng japonicus). Selain itu juga ada ginseng Siberia yang sebenarnya memiliki beberapa kualitas-kualitas mengenai obat besar, dan direkomendasikan dalam beberapa kasus di mana panax asli tidak bisa dipakai.

Tanaman ginseng banyak mengandung triterpenoid saponins. Saponins inilah yang membantu tubuh menghadapi lebih baik terhadap apa pun yang menyebabkan stres.
Saponins juga hamper sama dengan hormon-hormon steroid kita sendiri yaitu hormon yang terlibat dalam respons pertarungan yang berhubungan dengan stres. Diyakini karena kesamaan ini, ginseng panax memiliki satu efek pengaturan di sistem hormonal kita, meskipun ilmuwan belum menemukan mekanisme yang tepat. 

Namun yang perlu sobat sehat ketahui, ternyata ginseng bisa berinteraksi secara negatif dengan pengobatan lain, ada baiknya berkonsultasi dulu ke dokter tentang hal ini jika ingin menambahkan ginseng sebagai suplemen. Mungkin ada efek-efek samping yang serius, tergantung pada kondisi fisik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar