Minggu, 25 Maret 2012

Tomat Penghasil Likopena


Menurut sejarah, tomat berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai daerah tersebut, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol lah yang menyebarkan tomat di Eropa, Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. 

Secara alami buah tomat banyak mengandung gizi-gizi berharga seperti likopena (C40H56), beta karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin E, sulfur, fosfor dan natrium organik. Likopena dalam kombinasi dengan vitamin E pada tomat dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL. Selain itu tambahan phytonutrients dalam buah tomat juga membantu melindungi hati, banyak phytonutrients dalam buah tomat telah terbukti membantu menghentikan penggumpalan sel-sel platelet dan mendukung gagasan kardio meningkatkan fungsi hati.

Likopena adalah antioksidan yang dapat membantu melawan radikal-radikal bebas yang dihasilkan pada saat proses metabolisme. Senyawa ini mudah diserap oleh organisme dan secara alami ada dalam plasma manusia dan jaringan tubuh, Likopena ini tidak bisa dihasilkan dalam tubuh manusia dan harus disediakan dari sumber luar. Tomat adalah buah dengan jumlah tertinggi likopena dibandingkan dengan buah dan sayuran lain, antioksidan-antioksidan ini dapat menjaga dan mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan. Likopena banyak terdapat pada kulit tomat, warna merah tomat disebabkan oleh senyawa ini.

Likopena penting bagi kesehatan tulang, banyak studi-studi menunjukkan bahwa perempuan dapat membantu melindungi diri mereka dari osteoporosis dengan likopena yang cukup dalam diet mereka. Likopena juga banyak berperan dalam usus besar, rektal, leher, perut, prostat, faringal dan kanker-kanker esofagus. mengkonsumsi buah tomat dapat menurukan resiko semua kanker-kanker ini.

Ketersediaaan hayati likopena dapat di tingkatkan dengan memanaskan produk-produk tomat, likopena melepaskan  sel-sel yang disebabkan oleh pemanasan, dengan menambah sedikit minyak pada resep masakan sobat sehat dan mengkombinasikannya dengan seledri, mentimun dan brokoli akan dapat meningkatkan efek proteksi likopena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar