Selasa, 27 Maret 2012

Enzim Papain Pemutih Kulit


Papain (C19H29N7O6) adalah suatu campuran enzim proteolitik, didapatkan dari getah pepaya muda yang dikeringkan. Papain dengan berat molekul 451,5 dan bersifat asam (pH 4) juga merupakan enzim pencernaan yang dapat membantu menenangkan perut. Papain melarutkan protein membentuk oligopeptides dan asam-asam amino, mengurangi lemak-lemak dan karbohidrat, mempromosikan lingkungan enzim bersifat asam sehat. Papain juga disebut pepsin sayuran karena papain sangat serupa dengan pepsin yang mana diciptakan oleh perut untuk mencerna makanan.

Hampir semua riset telah dilakukan tentang enzim papain, yang telah terbukti dapat memutihkan  kulit, dan telah secara efektif digunakan untuk menyembuhkan luka-luka dan sengatan-sengatan serangga. Papain juga dapat menghilangkan titik cokelat pada kulit disebabkan oleh pencahayaan matahari, menurunkan peradangan, mengurangi edemas dan bahkan meningkatkan penyembuhan dari luka-luka bakar, karena enzim papain membantu dalam penggelupasan sel-sel kulit mati dan menggantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Papain juga dapat menghilangkan lipid dari permukaan kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu jus pepaya mentah yang banyak mengandung papain juga bermanfaat dalam perlakuan terhadap jerawat dan mencegah pembentukan nanah.

Selain efektif membantu pencernaan, papain yang sering digunakan sebagai bahan pelunak daging ini juga dapat menguraikan fibrin dan enzim caseionolytic, yang berkombinasi dengan amilase dan lipase. Papain juga dipergunakan sebagai agen debriding untuk membersihkan luka-luka nekrotik, borok-borok, sinus-sinus dan fistulas. Selain itu papain juga diterapkan sebagai suatu agen anti asma bronkial, bronkitis dan tromboflebitis.

Efek samping dari papain dapat menurun kemampuandarah untuk membeku dan mungkin berinteraksi dengan obat-obatan anti- pembekuan darah seperti antikoagulan-antikoagulan, dan antiplatelets.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar