Minggu, 18 Maret 2012

Penyakit Disentri


Disentri merupakan penyakit perut sebagai hasil dari peradangan usus. Penyakit menular ini disebabkan oleh bakteri Shigella (Disentri basiler) atau Amoeba Entamoeba histolytica (Disentri Amoeba). Mikroorganisme ini berkembang disekitar usus besar dan bersarang didinding usus besar, mereka bertahan dengan mengkonsumsi sel-sel darah merah dan jaringan usus. Gejala paling umum penyakit ini adalah kejang perut dan rasa sakit, diare, darah dan lendir dalam kotoran, muntah, dan demam. Sebagian besar membran yang berhubungan dengan usus akan keluar melalui tinja busuk berisi lendir kuning darah.

Disentri ditularkan melalui air yang tercemar oleh kotoran manusia dan juga dari sanitasi yang buruk. Penyakit yang banyak menyerang anak-anak ini juga sering di tularkan melalui sayur-sayuran mentah yang terkontaminasi bakteri Shigella.

Dalam banyak kasus disentri dapat dirawat dengan amoebicides, antibiotik-antibiotik, dan bermacam-macam perlakuan-perlakuan rehidrasi. Memberantas epidemi disentri bisa dilakukan dengan penggunaan air bersih, menggunakan sabun, pendidikan dan pemeliharaan sistem-sistem limbah adalah strategi-strategi paling efektif. Selain itu hendaklah mencuci tangan sebelum menghabiskan makanan dan memasak makanan dengan baik agar semua bakteri dapat terbunuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar