Minggu, 04 Maret 2012

Mengenal Anggrek


Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang pertama berkembang dan paling beragam di dunia, tanaman ini telah hidup lebih dari 120 juta tahun lalu dan mempunyai 35.000 spesies dengan ratusan ribu persilangan lainnya. Anggrek yang paling terkenal di dunia adalah anggrek vanila (planifolia) yang banyak di budidayakan di Madagaskar.

Anggrek sering dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan bagaimana anggrek ini mendapatkan nutrisinya.
1. Epifit, yaitu Anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inangnya dan membutuhkan sinar matahari yang cukup.
2.  Litofit, yaitu Anggrek yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, dan tahan terhadap cahaya matahari penuh. Anggek ini mengambil makanan dari hujan, udara dan humus.
3. Terestrial, yaitu anggrek daratan yang sering di tanam di kebun-kebun dan membutuhkan sinar matahari lansung. Anggrek ini mendapatkan makanan dari tanah atau subtrat dimana mereka tumbuh,  jenis anggrek ini banyak ditemukan di kawasan-kawasan yang beriklim sedang.
4. Saprofit, yaitu Anggrek yang tidak memiliki klorofil sendiri dan membentuk hubungan ectomycorrhizal dengan jamur tanah yang hidup dari tanaman yang membusuk seperti daun-daun yang gugur.

Berdasarkan kebiasaan pertumbuhannya, anggrek juga terbagi atas monopodial dan simpodial. Anggrek monopodial memiliki satu batang utama, bunganya tumbuh dari ujung batang dan akar-akar baru secara langsung terlepas dari batang utama. Simpodial yaitu anggrek yang tumbuh tunas baru disebelah batang induknya, bunganya muncul di pucuk atau sisi batang, tetapi ada juga yang muncul dari akar tinggal. Batangnya menyimpan air, cadangan makanan atau umbi semu.

Selain itu juga terdapat dua tipe utama Anggrek yaitu Phalinopsis dan Oncidiums. Phalinopsis adalah Anggrek yang mudah penyerbukannya, yang digunakan oleh pekebun-pekebun maju untuk penyerbukan silang, sehingga anggrek ini dapat menghasilkan spesies lain yang berbeda. Inilah salah satu faktor-faktor mengapa masih banyak anggrek-anggrek yang tak dikenal di seluruh bumi. Sedangkan Anggrek Oncidiums lebih disukai oleh pekebun-pekebun kaya, karena tergolong anggrek langka. Anggrek ini butuh perawatan lebih untuk pertumbuhannya, tanaman ini baik di tanah di dalam ruangan karena tidak membutuhkan cahaya yang terlalu kuat.

Selain mempercantik kebun, anggrek juga mempunyai banyak manfaat, Beberapa jenis anggrek dipakai untuk membuat parfum dan minuman. Jenis lainnya juga digunakan sebagai perasa seperti anggrek vanila yang digunakan industri minuman untuk memberi rasa manis khas vanila. Anggrek lain yang digunakan dalam industri makanan adalah anggrek darat ungu (purple terrestrial orchids) yang di buat menjadi bubuk untuk bumbu sup dan minuman khas Turki.

Artikel Terkait :
Keluarga Bunga Aster
Bunga Tulip 

Dahlia Bunga Yang Mempesona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar