Selasa, 24 April 2012

Khasiat Buah Tin


Pohon tin (Ficus carica L.) yang termasuk kerabat pohon beringin adalah sejenis tumbuhan penghasil buah yang dapat dimakan dengan nama buah yang sama. Nama tanaman yang berasal dari Asia Barat ini diambil dari bahasa Arab yang  juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris sering disebut fig. Pohon tin  yang pengembangannya dapat dilakukan dengan cara pencakokan ini sangat bagus jika ditanam di tempat yang panas.

Buah tin yang bersifat panas dapat menghancurkan batu ginjal dan membersihkan kandung kencing di ginjal serta berkhasiat melawan racun. Buah tin yang lebih bergizi daripada buah lainnya ini juga dapat membantu mengurangi sesak nafas, sakit tenggorokan dan batang tenggorokan. Selain itu juga membersihkan liver dan limpa, membersihkan lendir dalam perut dan bermanfaat bagi syaraf. Namun buah tin menimbulkan caplak jika dimakan berlebihan.

Buah tin yang mengandung kalium, omega tiga dan omega enam ini berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. Kandungan coumarin dalam buah tin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi membuat buah tin dapat dimakan sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang alergi terhadap produk susu.

Kandungan trytophan-nya dapat menghindari insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik. Pektin yang terdapat di dalam buah tin pun dapat membantu mengurangi kolesterol darah. Buah tin sangat efektif untuk prosespenurunan berat badan karena kaya serat. Jika dikonsumsi secara rutin, dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara dan kanker usus besar. Selain itu juga dapat mengurangi kelelahan, meningkatkan daya memori otak, dan mencegah anemia. Efek pencahar yang terkandung dalam buah tin juga dapat membantu mengobati sembelit kronis.

Buah tin juga kaya akan fenol dan benzaldehid yang berguna sebagai zat anti tumor serta dapat membunuh mikroorganisme penyebab penyakit seperti jamur dan virus dalam tubuh manusia. Selain buahnya, daunnya juga memiliki manfaat. Beberapa manfaatnya yaitu untuk obat kencing batu dan asam urat. Air rebusan daun tin dapat membantu pasien diabetes mengurangi jumlah asupan insulin dan infeksi ginjal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar