Minggu, 22 April 2012

Keluarga Bunga Aster


Keluarga bunga aster (asteraceae) sering disebut juga dengan bunga bintang adalah salah satu keluarga tanaman terbesar dan beragam, dengan sekitar 20,000 jenis spesies. Bunga matahari, dahlia, rosella, melati putih, krisan dan aster adalah beberapa spesies keluarga asteraceae yang terkenal.

Pada umumnya, keluarga asteraceae dapat dimakan dengan aman sebagai obat, tetapi bunga ini  sering mengandung bahan-bahan yang sangat aktif bersama dengan kandungan gizinya yang luar biasa. Banyak asteraceae mengandung alkaloid aktif sebagai obat seperti rumput dandelion, tanaman chicory, escarole dan sejenis selada yang membuat rasanya pahit sekali. Alkaloid ini biasanya lebih banyak terdapat pada akar-akar dan biji-biji dari pada daun dan bunga-bunganya. Sari-sari asteraceae dari bunga kering dan bunga segar juga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan reaksi-reaksi alergi dalam tubuh. 

Beberapa bunga krisan yang bewarna putih dan kuning dapat dibuat teh yang berkhasiat untuk menyembuhkan influenza, jerawat, panas dalam, sakit tenggorokan, demam, mata panas dan berair, pusing-pusing serta untuk membersihkan liver. Selain itu jenis krisan putih secara formal juga digunakan untuk menunjukkan rasa kesedihan dan simpati untuk pemakaman atau sebagai bunga-bunga di makam.

Selain kandungan gizinya, keluarga asteraceae di beberapa negara sering digunakan sebagai simbol kebudayaan dalam sejarah. Di Jepang bunga ini menjadi puncak mulia sebagai kehormatan dari kaisar seperti The Supreme Order Chrysanthemum. Di Cina, Chrysanthemum dipergunakan untuk membubuhi teh sebagai relaksasi serta peremajaan pikiran dan jiwa. bahkan wewangiannya sering digunakan untuk mengusir roh-roh jahat dengan cara membakar daunnya.

Keluarga bunga aster dengan keindahan dan kecantikannya juga dikenal sebagai bunga yang melambangkan kesetiaan dan kesabaran. Banyak jenis asteraceae ini digunakan sebagai pelengkap rangkaian bungan untuk dekorasi pernikahan, bunga papan ucapan selamat, karangan dan rangkaian bunga serta bunga ucapan duka cita. 


Artikel Terkait :
Bunga Tulip
Mengenal Anggrek 
Dahlia Bunga Yang Mempesona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar