Kamis, 05 April 2012

Semangka, Buah Khas Musim Panas Yang Menyehatkan


Semangka (Citrullus lanatus) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah gurun Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun. Semangka bisa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau di buat jus, bijinya dikeringkan dan dapat juga dimakan isinya sebagai kuaci. Sebagian besar komposisi semangka berisi 90% air yang sangat pas di konsumsi pada musim panas.

Semangka mengandung vitamin C, A, B, kalium, thiamin, magnesium, serat diet dan beta karoten. Buah ini juga berisi likopena danantioksidan. Likopena dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mencegah oksidasi kolesterol dan mencegah mereka untuk didepositokan dalam dinding-dinding utama. Likopena juga dapat mengurangi resiko kanker prostat, kanker usus besar, artritis reumatoid dan asma.

Buah semangka juga memuat elektrolit-elektrolit seperti natrium dan kalium yang bermanfaat pada musim panas karena pada musim panas elektrolit-elektrolit hilang melalui keringat. Vitamin C dan beta karoten memiliki sifat anti peradangan dan karena itu penting dalam membebaskan gejala-gejala radang sendi. Semangka juga dapat digosok di kulit untuk mengurangi kerusakan kulit serta mengobati kegatalan.

Kulit semangka juga merupakan sumber sitrulina yang selanjutnya akan menghasilkan arginina, yang dapat meningkatkan peredaran darah sekitar tubuh serta meningkatkan metabolisme dan pengeluaran insulin glukosa sehingga membuatnya bermanfaat dalam diabetes jenis 2. Kulit semangka juga dapat menurunkan tingkat-tingkat glukosa darah dan menolong laki-laki dengan disfungsi erektil. Sitrulina dapat mendorong tingkat-tingkat asam oksida dalam tubuh dan pembuluh-pembuluh darah yang bersantai, meningkatkan sirkulasi yang akan menyebabkan ereksi lebih mungkin terjadi, jika disfungsi ereksi tidak disebabkan oleh problem psikologis. 

Semangka juga mengandung antioksidan seperti Vitamin A and Vitamin C yang membantu dalam mencegah kerusakan sel, membuang toksin-toksin dari tubuh, menetralkan dan juga menghilangkan radikal-radikal bebas, Kandungan karotenoidnya dapat mencegah kanker, Seratnya dapat membantu dalam mengurangi berat, menghindari sembelit, mencegah diabetes dan juga serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar