Rabu, 04 April 2012

Manfaat Kesehatan Pisang


Pisang merupakan tanaman yang paling terkenal di dunia, buah ini sangat mudah dikenali karena warna yang cerah dan bentuknya yang khas. Buah yang dapat dimakan mentah ini banyak mengandung nilai gizi yang pada umumnya terdiri atas gula, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa, selainserat

Dengan mengkonsumsi pisang merupakan sebuah cara hebat membantu pertumbuhan tulang yang sehat untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Karena buah pisang mengandung fructo oligo saccharide, yaitu senyawa yang memberi makan bakteri tertentu dalam usus besar yang dikenal sebagai probiotik, atau bakteri yang berkontribusi untuk kesehatan kita. Bakteri sehat ini tinggal di usus dan membuat enzim-enzim yang membantu kita untuk mencerna makanan dengan lebih cepat secara efisien. Bakteri probiotik ini bisa bertambah dalam tubuh dan dapat meningkatan kemampuan tubuh dalam mengambil zat kapur. 

Demikian pula pisang yang hijau juga mengandung asam-asam lemak rantai pendek, yang tidak dapat dicernakan dalam tubuh. Tetapi asam-asam lemak rantai pendek ini membantu sel-sel yang memperkuat lapisan perut (mukosa) yang juga menyuplai zat kapur dalam tubuh yang sangat baik untuk tulang. 

Pisang juga dapat melindungi kesehatan ginjal karena adanya senyawa-senyawa fenolik antioksidan dalam buah ini, yang membantu ginjal-ginjal mendetoksikan kanker potensial menyebabkan agen-agen, atau karsinogen, secara lebih efektif. Studi-studi menunjukkan bahwa perempuan-perempuan yang makan empat sampai enam pisang per minggu memiliki setengah dari risiko mengembangkan kanker ginjal dibandingkan dengan perempuan-perempuan yang tidak menyantap pisang.

Pisang sebagai buah yang sangat kaya dalam kalium tetapi hampir benar-benar tanpa natrium, juga sangat cocok untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Pisang rata-rata mengandung hingga 500 miligram kalium tetapi hanya sekitar 1 miligram natrium. Kalium memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah sementara natrium memiliki dampak penguat. 

Selain uraian diatas pisang juga sering diperlakukan untuk diare, kolitis, borok-borok perut, alergi-alergi protein. Membantu menetralkan dan menghapuskan kelebihan asam urat yang menyebabkan radang sendi dan encok. Pisang juga aman bagi penderita diabetes karena gula yang ditemukan di pisang diserap secara perlahan-lahan dan tidak menghasilkan peningkatan drastis dalam glukosa darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar