Senin, 02 April 2012

Kandungan Nutrisi Alpukat


Alpukat adalah buah hijau yang berkembang di daerah tropis, berasal dari Karibia, Meksiko, Amerika Selatan dan Amerika Tengah dan termasuk jenis buah masa peralihan yaitu buah yang di panen sebelum matang. Alpukat telah ditanam sebelas abad yang lalu dan sampai sekarang terdapat lebih dari 450 variasi buahnya. Beberapa orang berpikir makan alpukat buruk untuk kesehatan, karena bagian terbesar alpukat terdiri dari lemak-lemak. Namun pada kenyataannya, penelitian telah menunjukkan Omega 3 lemak dalam alpukat luar biasa sehat untuk tubuh.

Sebuah alpukat mengandung vitamin B yang penting untuk sistem saraf dan berfungsi dalam metabolisme. Vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamins C and E sebagai antioksidan dan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin K untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Vitamin-vitamin D and K juga bekerja bersama menguatkan tulang rawan dan meningkatkan produksi osteoclasts pada tubuh. 

Alpukat juga mengandung lutein, gizi yang penting dalam pencegahan banyak penyakit mata, terutama yang berhubungan dengan penuaan seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak. Sementara itu 75 persen kalori alpukat datang dari lemak, jenis lemak-lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan di alpukat baik untuk jantung dan tidak akan meningkatkan kolesterol darah atau trigliserida seseorang.

Buah alpukan juga mengandung sejumlah mineral-mineral penting seperti magnesium, kapur, kalium dan tembaga, yang semuanya beperan penting dalam nutrisi kita. Kalium adalah gizi yang penting untuk kesehatan hati, otot dan membantu sistem saraf, selain itu kalium juga membantu menyeimbangkan cairan elektrolit-elektrolit dalam tubuh. Kapur dan magnesium berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. sementara kandungan tembaga diperlukan dalam formasi sel-sel darah merah, hemoglobin, kolagen, elastin, dan juga sebagai penyembuhan luka.

Manfaat lainnya dari alpukat yang kebanyakan orang tidak menyadarinya adalah adanya pigmen-pigmen karotenoid yang ketika dimetabolismekan akan menjadi antioksidan yang mendukung sistem kekebalan manusia dan mencegah beberapa penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. Alpukat juga mengandung sejumlah substansial boron yang bekerja dengan vitamin-vitamin K, D and A mencegah osteoporosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar